Muhammad bin Ishaq Abu Bakar bin Khuzaimah an Naisabury
صحيح ابن خزيمة ١٧٤٥: ثَنَاهُ بُنْدَارٌ , ثنا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ دَاوُدَ، وَثنا أَبُو الْخَطَّابِ، ثنا بِشْرٌ يَعْنِي ابْنَ الْمُفَضَّلِ، ثنا دَاوُدُ، ح، وَثنا بُنْدَارٌ، نا عَبْدُ الْوَهَّابِ، عَنْ دَاوُدَ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «فَفِي هَذَا الْخَبَرِ قَدْ قَرَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ السِّوَاكَ وَإِمْسَاسَ الطِّيبِ إِلَى الْغُسْلِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ , فَأَخْبَرَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُنَّ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ , وَالسِّوَاكُ تَطْهِيرٌ لِلْفَمِ , وَالطِّيبُ مُطَيِّبٌ لِلْبَدَنِ , وَإِذْهَابًا لِلرِّيحِ الْمَكْرُوهَةِ عَنِ الْبَدَنِ , وَلَمْ نَسْمَعْ مُسْلِمًا زَعَمَ أَنَّ السِّوَاكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَا إِمْسَاسَ الطِّيبِ فَرْضٌ , وَالْغَسْلُ أَيْضًا مِثْلُهُمَا , وَيُسْتَدَلُّ فِي الْأَبْوَابِ الْأُخَرِ بِدَلَائِلَ غَيْرِ مُشْكِلَةٍ إِنْ شَاءَ اللَّهُ أَنَّ غُسْلَ يَوْمِ الْجُمُعَةِ لَيْسَ بِفَرْضٍ , لَا يُجْزِئُ غَيْرُهُ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1745: Bundar menceritakan itu kepada kami, Ibnu Abu Addi memberitakan kepada kami, dari Daud, Ha, dan Abu Khaththab memberitakan kepada kami, Basyar —yaitu Ibnu Mufadhal— memberitakan kepada kami, Daud memberitakan kepada kami, Ha, Bundar menceritakan kepada kami, Abdul Wahhab memberitakan kepada kami, dari Daud. Abu Bakar pernah berkata (184 B), "Dalam hadits ini, Rasulullah menggabungkan antara bersiwak dan memakai wangi-wangian dengan mandi di hari jum’at. Kemudian Rasulullah memberitahukan bahwa kesemuanya itu wajib bagi orang muslim yang telah bermimpi, karena bersiwak dapat mensucikan mulut dan wangi-wangian dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap dari badan. Selanjutnya kami tidak mendengar imam Muslim mengira bahwa bersiwak pada hari jum’at dan memakai wangi-wangian itu wajib, begitu pula halnya dengan mandi pada hari jum’at.
Shahih Ibnu Khuzaimah Nomer 1745