بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
وَجَاۤءَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّعَهَا سَاۤىِٕقٌ وَّشَهِيْدٌ ﴿٢١﴾
wa jā`at kullu nafsim ma'ahā sā`iquw wa syahīd
Setiap orang akan datang bersama (malaikat) penggiring dan (malaikat) saksi.
Tafsir Surah Qaf Ayat: 21
*Yakni malaikat yang menggiringnya ke padang mahsyar dan malaikat yang menjadi saksi terhadap semua amal perbuatan yang telah dilakukannya. Demikianlah makna lahiriah ayat dan dipilih oleh Ibnu Jarir.
*Kemudian Ibnu Jarir meriwayatkan melalui Ismail ibnu Abu Khalid, dari Yahya ibnu Rafi' maula Saqif yang mengatakan bahwa Usman ibnu Affan£ berkhotbah, lalu membaca ayat ini, yaitu firman-Nya: ( Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dia seorang malaikat, penggiring dan seorang malaikat penyaksi. ) (Qaf, 50:21) Lalu Usman£ mengatakan bahwa malaikat penggiring yang menggiringnya menghadap kepada Allah dan malaikat penyaksi yang menyaksikan semua amal perbuatannya. Hal yang sama telah dikatakan oleh Mujahid, Qatadah, dan Ibnu Zaid.
*Mutarrif telah meriwayatkan dari Abu Ja'far maula Asyja',dari Abu Hurairah£ yang mengatakan bahwa yang menggiringnya adalah malaikat, sedangkan yang menjadi saksinya adalah amal perbuatannya. Hal yang semisal telah dikatakan oleh Ad-Dahhak dan As-Saddi.
*Al-Aufi telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas£ bahwa yang menggiring adalah malaikat, sedangkan yang menjadi saksi adalah dirinya sendiri; ia bersaksi terhadap dirinya sendiri. Hal yang sama dikatakan oleh Ad-Dahhak ibnu Muzahim.