Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 42

Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 42

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ﴿٤٢

wa lā talbisul-ḥaqqa bil-bāṭili wa taktumul-ḥaqqa wa antum ta'lamụn

Dan janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat: 42
*Allahﷻ berfirman melarang orang-orang Yahudi melakukan hal yang biasa mereka kerjakan di masa lalu, misalnya mencampur adukkan antara perkara yang hak dengan perkara yang batil, memoles perkara yang batil dengan perkara yang hak, menyembunyikan perkara yang hak dan menampakkan perkara yang batil. Allahﷻ berfirman:

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
( Dan janganlah kalian campur adukkan yang hak dengan yang batil, dan janganlah kalian menyembunyikan yang hak itu, sedangkan kalian mengetahui. ) (Al-Baqarah, 2:42)

*Allahﷻ melarang mereka dari kedua perkara tersebut secara bersamaan, dan memerintahkan mereka agar menampakkan perkara yang hak dan menjelaskannya. Karena itu, Ad-Dahhak meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya, ( Janganlah kalian campur adukkan yang hak dengan yang batil ) (Al-Baqarah, 2:42) yakni janganlah kalian memalsukan yang hak dengan yang batil, yang benar dengan kedustaan.

*Abul Aliyah mengatakan, makna firman-Nya: ( Janganlah kalian campur adukkan yang hak dengan yang batil ) (Al-Baqarah, 2:42) artinya janganlah kalian mencampuri yang hak dengan yang batil, dan tunaikanlah nasihat kepada hamba-hamba Allah dari kalangan umat Muhammadﷺ Hal yang semisal telah diriwayatkan dari Sa'id ibnu Jubair dan Ar-Rabi' ibnu Anas.

*Qatadah mengatakan bahwa firman-Nya, ( Janganlah kalian campur adukkan yang hak dengan yang batil ) (Al-Baqarah, 2:42) yakni janganlah kalian campur adukkan Yahudi dan Nasrani dengan Islam, sedangkan kalian mengetahui bahwa agama Allah itu adalah agama Islam; agama Yahudi dan agama Nasrani itu adalah bid'ah, bukan dari Allah. Hal yang semisal telah diriwayatkan dari Al-Hasan Al-Basri.

*Muhammad ibnu Ishaq mengatakan, telah menceritakan kepadanya Muhammad ibnu Abu Muhammad, dari Ikrimah atau Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Dan janganlah kalian sembunyikan perkara yang hak, sedangkan kalian mengetahui. ) (Al-Baqarah, 2:42) Artinya, janganlah kalian menyembunyikan apa yang ada pada kalian mengenai pengetahuan tentang Rasul-Ku dan apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an), sedangkan kalian menemukan hal tersebut termaktub pada sisi kalian melalui apa yang kalian ketahui dari kitab-kitab yang ada di tangan kalian. Hal yang semisal telah diriwayatkan dari Abul Aliyah.

*Mujahid, As-Saddi, Qatadah, dan Ar-Rabi' Ibnu Anas mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya, ( Dan janganlah kalian sembunyikan perkara yang hak ) (Al-Baqarah, 2:42) yakni Nabi Muhammadﷺ

*Menurut pendapat kami, lafaz ( taktumu ) dapat dianggap majzum, dapat pula dianggap manshub. Dengan kata lain, artinya menjadi "janganlah kalian menyatukan antara ini dan itu (hak dan batil). Perihalnya sama dengan perkataan, "La ta-kulis samaka watasyrabal labana (janganlah kamu makan ikan serta minum susu).

*Az-Zamakhsyari mengatakan bahwa di dalam mushaf Ibnu Mas'ud disebutkan ( wataktumūnal haqqa ) artinya sedangkan kalian ketika menyembunyikan perkara yang hak itu, ( wa antum ta'lamūna ), yakni dalam keadaan mengetahui perkara hak tersebut.

*Boleh pula diartikan sedangkan kalian mengetahui akibat perbuatan tersebut, yaitu berakibat mudarat yang besar atas umat manusia. Mudarat yang besar tersebut ialah mereka sesat dari jalan hidayah yang menjerumuskan mereka ke dalam neraka jika mereka menempuh jalan kebatilan yang kalian tampakkan kepada mereka, tetapi kalian poles dengan semacam perkara yang hak agar dapat diterima oleh mereka, dan juga kalian warnai dengan penjelasan dan keterangan. Begitu pula kebalikannya, yaitu menyembunyikan yang hak dan mencampur adukkannya dengan yang batil.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar