Tafsir Al-Qur'an Surah Ali `Imran Ayat 82

Tafsir Al-Qur'an Surah Ali `Imran Ayat 82

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


فَمَنْ تَوَلّٰى بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ ﴿٨٢

fa man tawallā ba'da żālika fa ulā`ika humul-fāsiqụn

Maka barangsiapa berpaling setelah itu, maka mereka itulah orang yang fasik.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Ali `Imran Ayat: 82
Firman Allahﷻ:

فَمَنْ تَوَلّٰى بَعْدَ ذٰلِكَ
( Barang siapa yang berpaling sesudah itu. ) (Ali Imran, 3:82)

Yaitu berpaling dari ikrar dan janji ini.

فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
( maka mereka itulah orang-orang yang fasik. ) (Ali Imran, 3:82)

*Ali ibnu Abu Talib dan anak lelaki pamannya (yaitu Ibnu Abbas), keduanya mengatakan bahwa tidak sekali-kali Allah mengutus seorang nabi melainkan mengambil sumpah terlebih dahulu terhadapnya, yang isinya mengatakan bahwa sekiranya Allah mengutus Nabi Muhammadﷺ, sedangkan dia masih hidup, maka sungguh dia harus beriman kepadanya dan menolongnya. Allah memerintahkan kepadanya agar dia mengambil janji yang sama terhadap umatnya, yaitu Sungguh, jika Nabi Muhammad diutus, sedangkan mereka masih hidup, maka mereka harus benar-benar beriman kepadanya dan benar-benar menolongnya.

*Tawus, Al-Hasan Al-Basri, dan Qatadah mengatakan bahwa Allah mengambil perjanjian dari para nabi, hendaknya sebagian dari mereka membenarkan sebagian yang lainnya. Pendapat ini tidak bertentangan dengan apa yang telah dikatakan oleh Ali dan Ibnu Abbas, bahkan memantapkan dan mengukuhkannya. Karena itulah maka Abdur Razzaq meriwayatkan dari Ma'mar dan Ibnu Tawus, dari ayahnya hal yang semisal dengan apa yang dikatakan oleh Ali dan Ibnu Abbas.

*Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Jabir, dari Asy-Sya'bi, dari Abdullah ibnu Sabit yang mengatakan bahwa Umar datang kepada Nabiﷺ, lalu berkata, Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada seorang saudaraku yang Yahudi dari kalangan Bani Quraizah untuk menulis kumpulan kitab-kitab Taurat buatku. Bolehkah aku memaparkannya kepadamu? Maka wajah Rasulullahﷺ berubah, dan Abdullah ibnu Sabit berkata kepadanya (Umar), Apakah engkau tidak melihat perubahan roman muka Rasulullahﷺ? Umar berkata, Aku rela Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai rasul. Maka Rasulullahﷺ tenang kembali dan bersabda:

وَالَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهٖ لَوْ اَصْبَحَ فِيْكُمْ مُوْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ ثُمَّ اتَّبَعْتُمُوْهُ وَتَرَكْتُمُوْنِيْ لَضَلَلْتُمْ اِنَّكُمْ حَظِّيْ مِنَ الْاُمَمِ وَاَنَا۠ حَظُّكُمْ مِنْ النَّبِيِّيْنَ
( Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, seandainya pagi hari ini Musa berada di antara kalian, kemudian kalian mengikutinya seraya meninggalkan diriku, niscaya kalian sesat. Sesungguhnya kalian adalah bagianku dari kalangan umat-umat, dan aku adalah bagian kalian dari para nabi. )

(|Hadis lain diriwayatkan oleh Al-Hafiz Abu Ya'la.|)
*Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Ishaq, telah menceritakan kepada kami Hammad, dari Mujahid, dari Asy-Sya'bi, dari Jabir yang menceritakan bahwa Rasulullahﷺ pernah bersabda:

لَا تَسْاَلُوْا اَهْلَ الْكِتٰبِ عَنْ شَيْءٍ فَاِنَّهُمْ لَنْ يَهْدُوْكُمْ وَقَدْ ضَلُّوْا وَاِنَّكُمْ اِمَّا اَنْ تُصَدِّقُوْا بِبَاطِلٍ وَاِمَّا اَنْ تُكَذِّبُوْا بِحَقٍّ وَاِنَّهٗ -اللّٰهِ- لَوْ كَانَ مُوْسٰى حَيًّا بَيْنَ اَظْهُرِكُمْ مَا حَلَّ لَهٗ اِلا اَنْ يَتَّبِعَنِيْ
( Janganlah kamu bertanya kepada Ahli Kitab tentang sesuatu, sesungguhnya mereka tidak akan memberikan petunjuk kepada kamu, mereka itu telah sesat. Maka kamu akan membenarkan kebatilan atau mendustakan kebenaran. Demi Allah, kalau saja Musa masih hidup di antara kamu, maka tidak halal baginya kecuali mengikutiku. )

*Nabi Muhammad, penutup para Nabi Shalawat dan Salam atasnya hingga hari kiamat.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar