Tafsir Al-Qur'an Surah Fussilat Ayat 9

Tafsir Al-Qur'an Surah Fussilat Ayat 9

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


۞ قُلْ اَىِٕنَّكُمْ لَتَكْفُرُوْنَ بِالَّذِيْ خَلَقَ الْاَرْضَ فِيْ يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُوْنَ لَهٗٓ اَنْدَادًا ۗذٰلِكَ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ ۚ ﴿٩

qul a innakum latakfurụna billażī khalaqal-arḍa fī yaumaini wa taj'alụna lahū andādā, żālika rabbul-'ālamīn

Katakanlah, “Pantaskah kamu ingkar kepada Tuhan yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan pula sekutu-sekutu bagi-Nya? Itulah Tuhan seluruh alam.”


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah Fussilat Ayat: 9
*Ini merupakan keingkaran dari Allahﷻ terhadap orang-orang musyrik, yaitu mereka yang menyembah selain-Nya di samping Dia, padahal Allah-lah Yang menciptakan segala sesuatu, Yang Maha Mengalahkan segala sesuatu, Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Untuk itu Allahﷻ berfirman:

قُلْ اَىِٕنَّكُمْ لَتَكْفُرُوْنَ بِالَّذِيْ خَلَقَ الْاَرْضَ فِيْ يَوْمَيْنِ وَتَجْعَلُوْنَ لَهٗٓ اَنْدَادًا
( Katakanlah, "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? ) (Fushshilat, 41:9)

Yakni kamu membuat-buat tandingan dan sekutu yang kalian sembah bersama dengan Allahﷻ

ذٰلِكَ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
( Yang demikian itulah Tuhan semesta alam. ) (Fushshilat, 41:9)

Yaitu Yang menciptakan segala sesuatu itu adalah Tuhan semesta alam. Dalam ayat ini terkandung perincian dari apa yang disebutkan di dalam ayat lain melalui firman-Nya:

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ
( Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. ) (Yunus, 10:3)

*Dalam ayat ini diperincikan hal-hal yang berkaitan dengan penciptaan bumi secara terpisah dari hal-hal yang berkaitan dengan penciptaan langit. Disebutkan bahwa pada mulanya Allah menciptakan bumi karena bumi bagaikan fondasi, dan untuk membangun sesuatu itu dimulai dari fondasinya dahulu, setelah itu baru atap, seperti yang disebutkan dalam firman-Nya:

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ
( Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. ) (Al-Baqarah: 2:29), hingga akhir ayat.

*Adapun mengenai firman Allahﷻ yang menyebutkan:

ءَاَنْتُمْ اَشَدُّ خَلْقًا اَمِ السَّمَاۤءُ بَنٰىهَا۝ رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوّٰىهَا۝ وَاَغْطَشَ لَيْلَهَا وَاَخْرَجَ ضُحٰىهَا۝ وَالْاَرْضَ بَعْدَ ذٰلِكَ دَحٰىهَا۝ اَخْرَجَ مِنْهَا مَاۤءَهَا وَمَرْعٰىهَا۝ وَالْجِبَالَ اَرْسٰىهَا۝ مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِاَنْعَامِكُمْ۝
( Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allah telah membangunnya. Dia meninggikan bangunannya, lalu menyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang. Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. Ia memancarkan darinya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan kokoh, (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu. ) (An-Nazi'at, 79:27 sampai 79:33)

*Disebutkan padanya bahwa penghamparan bumi itu terjadi sesudah penciptaan langit. Penghamparan itu dijelaskan oleh firman-Nya:

اَخْرَجَ مِنْهَا مَاۤءَهَا وَمَرْعٰىهَا
( Ia memancarkan darinya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. ) (An-Nazi'at, 79:31)

*Ini terjadi sesudah penciptaan langit. Adapun penciptaan bumi, kejadiannya sebelum penciptaan langit menurut keterangan nas Al-Qur'an. Dan dengan nas inilah Ibnu Abbas£ mengemukakan jawabannya (terhadap orang yang bertanya kepadanya), menurut apa yang diketengahkan oleh Imam Bukhari dalam tafsir ayat ini, bagian dari kitab sahihnya.

*Disebutkan di dalamnya bahwa Al-Minhal telah meriwayatkan dari Sa'id ibnu Jubair yang menceritakan bahwa pernah ada seorang lelaki berkata kepada Ibnu Abbas£ bahwa dirinya benar-benar menemui hal-hal yang menyulitkannya di dalam Al-Qur'an karena menurutnya simpang siur. Lelaki itu membaca firman-Nya: ( maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu dan tidak ada pula mereka saling bertanya. ) (Al-Mu'minun, 23:101); ( Sebagian dari mereka menghadap kepada sebagian yang lain berbantah-bantahan. ) (Ash-Shaffat, 37:27) Dan dalam ayat lain disebutkan: ( dan mereka tidak dapat menyembunyikan (dari Allah) suatu kejadian pun. ) (An-Nisa, 4:42) ( Demi Allah, Tuhan kami, tiadalah kami mempersekutukan Allah. ) (Al-An'am, 6:23) Dalam ayat ini mereka menyembunyikan keadaan yang sebenarnya pada diri mereka. Dan Allahﷻ telah berfirman: Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? (An-Nazi'at, 79:27) sampai dengan firman-Nya: Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. (An-Nazi'at, 79:30) Maka Allah menyebutkan penciptaan langit sebelum penciptaan bumi. Lalu dalam ayat lainnya Allahﷻ telah berfirman: ( Katakanlah, "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa. ) (Fushshilat, 41:9) sampai dengan firman-Nya: ( Kami datang dengan suka hati. ) (Fushshilat, 41:11) Dalam ayat ini disebutkan bahwa penciptaan bumi itu sebelum penciptaan langit. Dan Allahﷻ telah berfirman: ( Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ) (Al-Ahzab, 33:5) Dalam ayat yang lainnya disebutkan: ( Dan adalah Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. ) (Al-Fath, 48:19) Dan dalam ayat yang lainnya lagi disebutkan: ( Dan adalah Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. ) (An-Nisa, 4:134) Yakni memakai kana yang artinya dahulu, setelah itu tidak lagi menyandang sifat-sifat tersebut.

*Maka Ibnu Abbas£ menjawab, bahwa firman Allahﷻ:( maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu dan tidak ada pula mereka saling bertanya. ) (Al-Mu'minun, 23:101) Kejadian yang disebutkan dalam ayat ini ialah di saat tiupan sangkakala yang pertama. Disebutkan pula oleh firman-Nya: Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. (Az-Zumar, 39:68) Maka tidak ada pertalian nasab di antara mereka pada hari itu dan tidak pula mereka saling bertanya. Dan pada tiupan yang kedua disebutkan oleh firman-Nya: ( Sebagian dari mereka menghadap kepada sebagian yang lain berbantah-bantahan. ) (Ash-Shaffat, 37:27) Adapun mengenai firman Allahﷻ yang menyebutkan: ( Demi Allah, Tuhan kami, tiadalah kami mempersekutukan Allah. ) (Al-An'am, 6:23) Dan firman Allahﷻ: ( dan mereka tidak menyembunyikan (dari Allah) suatu kejadian pun. ) (An-Nisa, 4:42) Karena sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa orang-orang yang mengikhlaskan ibadah mereka hanya kepada Allah, lalu orang-orang musyrik berkata, (kepada sesama mereka), "Marilah kita katakan, 'Kami bukanlah orang-orang yang mempersekutukan Allah'. Lalu dikuncilah mulut mereka dan berkatalah tangan-tangan mereka. Maka pada saat itu diketahui bahwa mereka tidak dapat menyembunyikan dari Allah suatu kejadian pun. Dan pada saat itu disebutkan oleh firman-Nya: ( Di hari itu orang-orang kafir dan orang-orang yang mendurhakai rasul ingin supaya mereka disamaratakan dengan tanah. ) (An-Nisa, 4:42), hingga akhir ayat. Mengenai firman Allahﷻ: menciptakan bumi dalam dua hari. (Fushshilat, 41:9) Kemudian Allahﷻ menciptakan langit, lalu Dia menuju ke langit dan menjadikannya tujuh langit dalam dua hari yang lainnya. Setelah itu baru dia menghamparkan bumi, yakni mengeluarkan airnya, tumbuh-tumbuhannya, dan menciptakan gunung-gunung, padang-padang pasir, dan lain-lainnya dalam dua hari berikutnya. Hal inilah yang dimaksud dengan makna menghamparkannya. Dan firman Allahﷻ: menciptakan bumi dalam dua hari. (Fushshilat, 41:9) Dia menciptakan bumi dan segala sesuatu yang ada padanya dalam empat hari, dan Dia menciptakan langit dalam dua hari. Mengenai firman-Nya: ( Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ) (Al-Ahzab, 33:5) dan ayat-ayat lainnya yang memakai ungkapan yang sama, yakni kana menunjukkan bahwa Allahﷻ menyifati Zat-Nya dengan demikian. Hal ini diungkapkan oleh firman-Nya yang berarti menunjukkan pengertian bahwa Dia masih tetap bersifat demikian. Karena sesungguhnya Allahﷻ itu tidak sekali-kali menghendaki sesuatu, melainkan mendapatkan apa yang dikehendaki-Nya. Karena itulah jangan sekali-kali Al-Qur'an di fahami olehmu dengan pemahaman yang keliru sehingga akibatnya akan memusingkan dirimu, karena sesungguhnya tiap-tiap Kalamullah itu (Al-Qur'an) berasal dari sisi-Nya.

*Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yusuf ibnu Addi, telah menceritakan kepada kami Ubaidillah ibnu Amr, dari Zaid ibnu Abu Anisah, dari Al-Minhal (yakni Ibnu Amr). Lalu disebutkan hadis yang telah disebutkan di atas.

*******
Firman Allahﷻ:

خَلَقَ الْاَرْضَ فِيْ يَوْمَيْنِ
( menciptakan bumi dalam dua hari. ) (Fushshilat, 41:9)

Yakni pada hari Ahad dan hari Senin.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar