Tafsir Al-Qur'an Surah An-Nahl Ayat 90

Tafsir Al-Qur'an Surah An-Nahl Ayat 90

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ


۞ اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ ﴿٩٠

innallāha ya`muru bil-'adli wal-iḥsāni wa ītā`i żil-qurbā wa yan-hā 'anil-faḥsyā`i wal-mungkari wal-bagyi ya'iẓukum la'allakum tażakkarụn

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.


Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surah An-Nahl Ayat: 90
*Allahﷻ menyebutkan bahwa Dia memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk berlaku adil, yakni pertengahan dan seimbang. Dan Allah memerintahkan untuk berbuat kebajikan, seperti yang disebutkan oleh Allahﷻ dalam ayat yang lain, yaitu:

وَاِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوْا بِمِثْلِ مَا عُوْقِبْتُمْ بِهٖ وَلَىِٕنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِّلصّٰبِرِيْنَ
( Dan jika kalian memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepada kalian. Akan tetapi, jika kalian bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. ) (An-Nahl, 16:126)

وَجَزٰۤؤُا سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِّثْلُهَا فَمَنْ عَفَا وَاَصْلَحَ فَاَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ
( Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. ) (Asy-Syura, 42:40)

وَالْجُرُوْحَ قِصَاصٌ فَمَنْ تَصَدَّقَ بِهٖ فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّهٗ
( dan luka-luka(pun) ada qisasnya. Barang siapa yang melepaskan (hak qisas)nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. ) (Al-Maidah, 5:45)

*Dan ayat-ayat lainnya yang menunjukkan perintah berbuat adil serta anjuran berbuat kebajikan.

*Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berlaku adil. ) (An-Nahl, 16:90) Yakni mengucapkan persaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah.

*Lain pula dengan Sufyan ibnu Uyaynah, ia mengatakan bahwa istilah adil dalam ayat ini ialah sikap pertengahan antara lahir dan batin bagi setiap orang yang mengamalkan suatu amal karena Allahﷻ Al-ihsan artinya ialah bilamana hatinya lebih baik daripada lahiriahnya. Al fahsya serta al-munkar ialah 'bila lahiriahnya lebih baik daripada hatinya'.

Dan yang dimaksud dengan firman-Nya:

وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى
( dan memberi kepada kaum kerabat. ) (An-Nahl, 16:90)

Yaitu hendaknya dia menganjurkan untuk bersilaturahmi, seperti pengertian yang terdapat di dalam ayat lain melalui firman-Nya:

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا
( Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kalian menghambur-hamburkan (harta kalian) secara boros. ) (Al-Isra, 17:26)

*******
Firman Allahﷻ:

وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ
( dan Allah melarang dari perbuatan keji dan kemungkaran. ) (An-Nahl, 16:90)

*Yang dimaksud dengan FAHSYĀ` ialah hal-hal yang diharamkan, dan MUNKAR ialah segala sesuatu yang ditampakkan dari perkara haram itu oleh pelakunya. Karena itulah dalam ayat lain disebutkan oleh firman-Nya:

قُلْ اِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ
( Katakanlah, "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang tampak ataupun yang tersembunyi. ) (Al-A'raf, 7:33)

*Adapun yang dimaksud dengan AL-BAGHYU ialah permusuhan dengan orang lain. Di dalam sebuah hadis diterangkan:

مَا مِنْ ذَنْبٍ اَجْدَرَ اَنْ يُعَجِّلَ اللّٰهُ عُقُوبَتَهٗ فِى الدُّنْيَا مَعَ مَا يُدَّخَرُ لِصَاحِبِهٖ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْبَغْيِ وَقَطِيْعَةِ الرَّحِمِ
( "Tiada suatu dosa pun yang lebih berhak Allah menyegerakan siksaan terhadap (pelaku)nya di dunia ini, di samping siksaan yang disediakan buat pelakunya di akhirat nanti, selain dari permusuhan dan memutuskan tali silaturahmi. )

*******
Firman Allahﷻ:

يَعِظُكُمْ
( Dia memberi pengajaran kepada kalian. ) (An-Nahl, 16:90)

Yaitu melalui apa yang diperintahkannya kepada kalian agar berbuat kebaikan dan melarang kalian dari perbuatan yang jahat.

لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
( agar kalian dapat mengambil pelajaran. ) (An-Nahl, 16:90)

*Asy-Sya'bi telah meriwayatkan dari Basyir ibnuNuhaik, bahwa ia pernah mendengar Ibnu Mas'ud mengatakan, "Sesungguhnya ayat yang paling mencakup dalam Al-Qur'an adalah ayat surat An-Nahl, yaitu firman-Nya: ( Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berbuat adil dan berbuat kebajikan. ) (An-Nahl, 16:90), hingga akhir ayat. Demikianlah menurut riwayat Ibnu Jarir.

*Sa'id ibnu Qatadah telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: ( Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berbuat adil dan berbuat kebajikan. ) (An-Nahl, 16:90), hingga akhir ayat. Bahwa tiada suatu akhlak baik pun yang dahulu dilakukan oleh orang-orang Jahiliah dan mereka memandangnya sebagai perbuatan yang baik, melainkan Allahﷻ menganjurkannya. Dan tiada suatu akhlak buruk pun yang dahulu mereka pandang sebagai suatu keaiban di antara sesama mereka melainkan Allah melarangnya. Yang paling diprioritaskan ialah, sesungguhnya Allah melarang akhlak yang buruk dan yang tercela.

*Karena itulah -menurut kami- di dalam sebuah hadis disebutkan:

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ مَعَالِيَ الْاَخْلَاقِ وَيَكْرَهُ سَفْسَافَهَا
( Sesungguhnya Allah menyukai akhlak-akhlak yang tinggi dan benci terhadap akhlak-akhlak yang rendah. )

*Al-Hafiz Abu Ya'la dalam kitab Ma'rifatus Sahabah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Bakar Muhammad ibnul Fath Al-Hambali, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Muhammad maula (pelayan) Bani Hasyim, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Daud Al-Munkadiri, telah menceritakan kepada kami Umar ibnu Ali Al-Maqdami, dari Ali ibnu Abdul Malik ibnu Umair, dari ayahnya yang mengatakan bahwa Aksam ibnu Saifi sampai di tempat Nabiﷺ biasa keluar, maka dia bermaksud datang langsung menemui Nabiﷺ tetapi kaumnya tidak membiarkannya berbuat begitu. Mereka berkata, "Engkau adalah pemimpin kami, tidaklah pantas bila engkau datang sendiri kepadanya. Aksam ibnu Saifi berkata, "Kalau begitu, carilah seseorang yang menjadi perantara untuk menyampaikan dariku dan seseorang perantara untuk menyampaikan darinya. Maka ditugaskanlah dua orang lelaki, lalu keduanya datang menghadap kepada Nabiﷺ dan berkata, "Kami berdua adalah utusan Aksam ibnu Saifi, dia ingin bertanya kepadamu, siapakah kamu dan apakah kedudukanmu? Nabiﷺ bersabda, "Aku adalah Muhammad ibnu Abdullah. Adapun kedudukanku adalah Abdullah (hamba Allah) dan Rasulullah (utusan Allah). Kemudian Nabiﷺ membacakan kepada mereka ayat ini, yaitu firman-Nya: ( Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berlaku adil dan berbuat kebajikan. ) (An-Nahl, 16:90), hingga akhir ayat. Mereka berkata, "Ulangilah kalimat itu kepada kami. Maka Nabiﷺ mengulang-ulang sabdanya kepada mereka hingga mereka hafal. Setelah itu keduanya datang menghadap kepada Aksam ibnu Saifi dan mengatakan, "Dia menolak, tidak mau meninggikan nasabnya. Ketika kami tanyakan kepada orang lain tentang nasabnya, ternyata kami jumpai dia (Nabiﷺ) bersih nasabnya (tinggi), dan dimuliakan di kalangan Mudar. Sesungguhnya dia telah melontarkan kepada kami kalimat-kalimat yang pernah kami dengar. Setelah Aksam mendengar kalimat-kalimat tersebut, ia mengatakan, "Sesungguhnya saya melihat dia adalah orang yang memerintahkan kepada akhlak-akhlak yang mulia dan melarang akhlak-akhlak yang buruk. Maka jadilah kalian semua dalam urusan ini sebagai pemimpin-pemimpin dan janganlah kalian menjadi pengekor-pengekor.

*Disebutkan di dalam hadis yang berpredikat hasan sehubungan dengan penyebab turunnya ayat ini, diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Abun Nadr, telah menceritakan kepada kami Abdul Hamid, telah menceritakan kepada kami Syahr, telah menceritakan kepadaku Abdullah ibnu Abbas yang mengatakan bahwa ketika Rasulullahﷺ berada di halaman rumahnya sedang duduk-duduk, tiba-tiba lewatlah Usman ibnu Maz'un (yang tuna netra). Lalu Usman ibnu Maz'un tersenyum kepada Rasulullahﷺ, dan Rasulullahﷺ bersabda kepadanya, "Mengapa engkau tidak duduk (bersamaku)? Usman ibnu Maz'un menjawab, "Baiklah. Maka duduklah Usman ibnu Maz'un berhadapan dengan Rasulullahﷺ Ketika Rasulullahﷺ sedang berbincang-bincang dengannya, tiba-tiba Rasulullahﷺ menatapkan pandangan matanya ke arah langit, lalu memandang ke arah langit sesaat, setelah itu beliau menurunkan pandangan matanya ke arah sebelah kanannya, dan saat itu juga Rasulullahﷺ beralih duduk ke tempat yang tadi dipandang oleh matanya, sedangkan teman duduknya (yaitu Usman ibnu Maz'un) ditinggalkannya. Setelah itu Rasulullahﷺ menundukkan kepalanya, seakan-akan sedang mencerna apa yang diucapkan kepadanya, sementara itu Ibnu Maz'un terus mengamatinya (dengan indera perasanya). Sesudah keperluannya selesai dan memahami apa yang diucapkan kepadanya, maka Rasulullahﷺ kembali menatapkan pandangannya ke arah langit, sebagaimana tatapannya yang pertama kali tadi. Nabiﷺ menatapkan pandangan matanya ke arah langit seakan-akan mengikuti kepergian (malaikat) hingga malaikat itu tidak kelihatan tertutup oleh langit. Kemudian Rasulullahﷺ menghadap kepada Usman di tempat duduknya yang semula tadi. Maka Usman ibnu Maz'un bertanya, "Hai Muhammad, selama saya duduk denganmu saya belum pernah melihatmu melakukan perbuatan seperti yang kamu lakukan siang hari ini. Rasulullahﷺ balik bertanya, "Apa sajakah yang kamu lihat aku melakukannya? Usman ibnu Maz'un berkata, "Saya lihat engkau menatapkan pandanganmu ke arah langit, kemudian kamu turunkan pandangan matamu ke suatu tempat di sebelah kananmu, lalu kamu pindah ke tempat itu seraya meninggalkan diriku. Setelah itu engkau menundukkan kepala seakan-akan sedang menerima sesuatu yang diucapkan kepadamu. Rasulullahﷺ bertanya, "Apakah kamu (yang tuna netra) dapat melihat hal tersebut? Usman ibnu Maz'un menjawab, "Ya. Rasulullahﷺ bersabda, "Aku baru saja kedatangan utusan Allah saat kamu sedang duduk. Usman Ibnu Maz'un bertanya, "Utusan Allah? Rasulullahﷺ menjawab, "Ya. Usman ibnu Maz'un bertanya, "Apa sajakah yang dia sampaikan kepadamu? Rasulullahﷺ bersabda membacakan firman-Nya: ( Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan. ) (An-Nahl, 16:90), hingga akhir ayat. Usman ibnu Maz'un mengatakan, "Yang demikian itu terjadi di saat imanku telah mantap dalam hatiku dan aku mulai mencintai Muhammadﷺ

*Sanad hadis ini cukup baik, muttasil lagi hasan, telah disebutkan di dalamnya sima'i secara muttasil. Ibnu Abu Hatim meriwayatkannya melalui hadis Abdul Hamid ibnu Bahram secara ringkas.

*Hadis lain mengenai hal tersebut berasal dari Usman ibnu Abul As As-Saqafi. Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Aswad ibnu Amir, telah menceritakan kepada kami Harim, dari Lais, dari Syahr ibnu Hausyab, dari Usman ibnu Abul As yang mengatakan, "Dahulu saya pernah duduk di hadapan Rasulullahﷺ, tetapi tiba-tiba Rasulullahﷺ menatapkan pandangan matanya (ke arah langit). Setelah itu Rasulullahﷺ bersabda, 'Jibril baru datang kepadaku, dan memerintahkan kepadaku agar meletakkan ayat berikut pada suatu tempat dari surat (An-Nahl) ini,' yaitu firman-Nya: ( Sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berlaku adil dan berbuat kebajikan. ) (An-Nahl, 16:90), hingga akhir ayat.

*Sanad hadis ini tidak ada celanya, dan barangkali hadis ini yang ada pada Syahr ibnu Hausyab diriwayatkan melalui dua jalur.


Tafsir Jalalain  Tafsir Muyassar