مسند أحمد ١٠٢٢٠: حَدَّثَنَا رَوْحٌ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا سَمِعَ أَحَدُكُمْ النِّدَاءَ وَالْإِنَاءُ عَلَى يَدِهِ فَلَا يَضَعْهُ حَتَّى يَقْضِيَ حَاجَتَهُ مِنْهُ حَدَّثَنَا رَوْحٌ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ وَزَادَ فِيهِ وَكَانَ الْمُؤَذِّنُ يُؤَذِّنُ إِذَا بَزَغَ الْفَجْرُ
Musnad Ahmad 10220: Telah menceritakan kepada kami Rauh, dia berkata: telah menceritakan kepada kami Hammad dari Muhamamd bin 'Amru dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian mendengar adzan sedangkan di tangannya masih memegang gelas, maka janganlah ia meletakkannya hingga menyelesaikan keperluannya." Telah menceritakan kepada kami Rauh, dia berkata: telah menceritakan kepada kami Hammad dari 'Ammar bin Abu 'Ammar dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sebagaimana redaksi hadits diatas tadi, hanya saja ditambahkan: "sedangkan muadzin telah mengumandangkan adzan ketika terbit fajar."
Musnad Ahmad Nomer 10220