Hadits Sunan Daruquthmi

كِتَابُ الصَّلَاةِ

Kitab Shalat

بَابُ مَوْضِعِ سَكَتَاتِ الْإِمَامِ لِقِرَاءَةِ الْمَأْمُومِ
Posisi Diamnya Imam Untuk Bacaan Makmum

سنن الدارقطني ١٢٦٠: حَدَّثَنَا أَبُو حَامِدٍ مُحَمَّدُ بْنُ هَارُونَ ثنا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ , ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , ثنا سَعْدَانُ بْنُ يَزِيدَ , وَعَلِيُّ بْنُ أَشْكَابٍ , وَالْحُسَيْنُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ الْبُسْتَنْبَانِ , قَالُوا: نا إِسْمَاعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ , عَنْ يُونُسَ بْنِ عُبَيْدٍ , عَنِ الْحَسَنِ , قَالَ: قَالَ سَمُرَةُ بْنُ جُنْدُبٍ: حَفِظْتُ سَكْتَتَيْنِ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلَاةِ , - وَقَالَ الْحُسَيْنُ بْنُ سَعِيدٍ: - قَالَ سَمُرَةُ: " حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَكْتَتَيْنِ فِي الصَّلَاةِ: سَكْتَةٌ إِذَا كَبَّرَ الْإِمَامُ حَتَّى يَقْرَأَ , وَسَكْتَةٌ إِذَا فَرَغَ مِنْ قِرَاءَةِ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ ". فَأَنْكَرَ ذَلِكَ عِمْرَانُ بْنُ حُصَيْنٍ , فَكَتَبُوا إِلَى الْمَدِينَةِ إِلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ , فَصَدَّقَ سَمُرَةَ الْحَسَنُ مُخْتَلِفٌ فِي سَمَاعِهِ مِنْ سَمُرَةَ , وَقَدْ سَمِعَ مِنْهُ حَدِيثًا وَاحِدًا وَهُوَ حَدِيثُ الْعَقِيقَةِ فِيمَا زَعَمَ قُرَيْشُ بْنُ أَنَسٍ , عَنْ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ

Sunan Daruquthni 1260: Muhammad bin Harun Abu Hamid menceritakan kepada kami, Ziyad bin Ayyub menceritakan kepada kami , Muhammad bin Makhlad menceritakan kepada kami, Sa'dan bin Yazid, Ali bin Isykab dan Al Husain bin Sa'id bin Al Bustanban menceritakan kepada kami, mereka mengatakan: Isma'il bin Ulayyah menceritakan kepada kami, dari Yunus bin Ubaid, dari Al Hasan, ia mengatakan: Samurah bin Jundub mengatakan, "Aku ingat dua diam dari Rasulullah SAW di dalam shalat." Al Husain bin Sa'id menyebutkan (dalam redaksinya): Samurah mengatakan, "Aku ingat dari Rasulullah SAW dua diam di dalam shalat: Diam bila imam telah bertakbir hingga membaca, dan diam bila telah selesai membaca Fatihatul Kitab (surah Al Faatihah)." Imran bin Hushain mengingkari itu, maka mereka mengirim surat ke Madinah, yaitu (ditujukan) kepada Ubay bin Ka'b, lalu Ubay membenarkan Samurah. Mendengarnya Al Hasan dari Samurah diperselisihkan, karena ia hanya mendengar darinya satu hadits, yaitu hadits aqiqah sebagaimana yang diklaim oleh Quraisy bin Anas dari Habib bin Asy-Syahid.

Sunan Daruquthmi Nomer 1260