Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban atau Hatim at-Tamimi al-Busti as-Sijistani
صحيح ابن حبان ٢٢٣٦: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ صَالِحٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ، أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ، قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ أُقِيمَتِ الصَّلاَةُ وَعُدِّلَتِ الصُّفُوفُ، حَتَّى إِذَا قَامَ فِي مُصَلاَّهُ، وَانْتَظَرْنَا أَنْ يُكَبِّرَ انْصَرَفَ، وَقَالَ: عَلَى مَكَانِكُمْ، وَدَخَلَ بَيْتَهُ، وَمَكَثْنَا عَلَى هَيْئَتِنَا حَتَّى خَرَجَ إِلَيْنَا يَنْطِفُ رَأْسُهُ وَقَدِ اغْتَسَلَ.قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: هَذَانِ فِعْلاَنِ فِي مَوْضِعَيْنِ مُتَبَايِنَيْنِ، خَرَجَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّةً فَكَبَّرَ، ثُمَّ ذَكَرَ أَنَّهُ جُنُبٌ فَانْصَرَفَ فَاغْتَسَلَ، ثُمَّ جَاءَ فَاسْتَأْنَفَ بِهِمُ الصَّلاَةَ، وَجَاءَ مَرَّةً أُخْرَى فَلَمَّا وَقَفَ لِيُكَبِّرَ ذَكَرَ أَنَّهُ جُنُبٌ قَبْلَ أَنْ يُكَبِّرَ فَذَهَبَ فَاغْتَسَلَ، ثُمَّ رَجَعَ فَأَقَامَ بِهِمُ الصَّلاَةَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَكُونَ بَيْنَ الْخَبَرَيْنِ تَضَادٌّ وَلاَ تَهَاتُرٌ.
Shahih Ibnu Hibban 2236: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, dia berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami, dia berkata: Ya'qub bin Ibrahim bin Sa'd menceritakan kepada kami, dia berkata: Ayahku menceritakan kepada kami dari Shalih, dari Ibnu Syihab, dia berkata: Abu Salamah menceritakan kepadaku, bahwa Abu Hurairah berkata: Rasulullah keluar setelah iqamah shalat dan shaf-shaf sudah diluruskan. Beliau berdiri di tempatnya dan kami menunggu beliau takbir. Tapi beliau justru beranjak pergi dan berkata, "Tetap di tempat kalian!" Beliau lalu masuk ke rumah beliau dan kami hanya menunggu dalam posisi kami sampai beliau keluar dalam keadaan air masih menetes di kepalanya karena beliau baru saja mandi." 38 Abu Hatim (Ibnu Hibban) berkata, "Kedua perbuatan ini dilaksanakan dalam waktu yang berbeda. Suatu ketika beliau keluar dan bertakbir, kemudian beliau ingat bahwa masih dalam keadaan junub sehingga langsung beranjak dan mandi. Sedangkan di lain waktu beliau ingat sedang junub sebelum takbir, sehingga beliau langsung beranjak mandi, kemudian kembali lagi dan mengimami shalat. Tidak ada kontradiksi dalam dua khabar ini."39 8:5
Shahih Ibnu Hibban Nomer 2236