Muhammad bin Ishaq Abu Bakar bin Khuzaimah an Naisabury
صحيح ابن خزيمة ٥٣٦: نا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَسْرُوقِيُّ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْفَضْلِ بْنِ الْمُوَفَّقِ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، وَزَيْدُ بْنُ أَبِي الزَّرْقَاءِ كِلَاهُمَا عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ الْحَضْرَمِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْغَدَاةِ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقَ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ» هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ زِيدِ بْنِ أَبِي الزَّرْقَاءِ وَفِي حَدِيثِ أَبِي أُسَامَةَ قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمُعَوِّذَتَيْنِ، أَمِنَ الْقُرْآنِ هُمَا؟ فَأَمَّنَا بِهِمَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: أَصْحَابُنَا يَقُولُونَ: الثَّوْرِيُّ أَخْطَأَ فِي هَذَا الْحَدِيثِ، وَأَنَا أَقُولُ غَيْرَ مُسْتَنْكَرٍ لِسُفْيَانَ أَنْ يَرْوِيَ هَذَا عَنْ مُعَاوِيَةَ، وَعَنْ غَيْرِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 536: Musa bin Abdurrahman Al Masruqi dan Abdurrahman bin Al Fadl bin Al Muwaffaq mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Abu Usamah dan Zaid bin Abu Az-Zarqa' menceritakan kepada kami dan keduanya dari Sufyan dari Muawiyah bin Shalih dari Abdurrahman bin Jubair Nufair Al Hadhrami dari ayahnya dari Uqbah bin Amir, Sesungguhnya Nabi di dalam shalat Subuh membaca Qui Auudzu Birabil Falaq dan Qui Auudzu birabbinnaas. 673 Ini adalah redaksi hadits Zaid bin Abu Az-Zarqa'. 674 Dalam hadits Abu Usamah, ia berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam mengenai surat Al Muawidatain, apakah keduanya merupakan bagian dari Al Qur’an? Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam menjadi imam shalat kami dengan membaca kedua surat tersebut di dalam shalat Subuh. Abu Bakar berkata : Para pengikut kami berkata Ats-Tsauri membuat kesalahan dalam hadits ini’. Dan aku katakan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa Sufyan dapat meriwayatkan hadits ini dari Muawiyah dan dari lama hadits lainnya.
Shahih Ibnu Khuzaimah Nomer 536