مسند أحمد ٢٨١٤: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ أَخْبَرَنِي سَيْفُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْمَكِّيُّ عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ الْمَكِّيِّ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَضَى بِيَمِينٍ وَشَاهِدٍ قَالَ زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ سَأَلْتُ مَالِكَ بْنَ أَنَسٍ عَنْ الْيَمِينِ وَالشَّاهِدِ هَلْ يَجُوزُ فِي الطَّلَاقِ وَالْعَتَاقِ فَقَالَ لَا إِنَّمَا هَذَا فِي الشِّرَاءِ وَالْبَيْعِ وَأَشْبَاهِهِ
Musnad Ahmad 2814: Telah menceritakan kepada kami Zaid bin Al Hubab telah mengkabarkan kepadaku Saif bin Sulaiman Al Makki dari Qais bin Sa'ad Al Makki dari Amru bin Dinar dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memutuskan dengan sumpah dan saksi. Zaid bin Al Hubab berkata: aku bertanya Malik bin Anas tentang sumpah dan saksi, apakah boleh dalam perkara thalaq dan memerdekakan (budak)? Ia menjawab: Tidak. Ini hanya pada (kasus) membeli, menjual dan yang serupa.
Musnad Ahmad Nomer 2814