Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban atau Hatim at-Tamimi al-Busti as-Sijistani
صحيح ابن حبان ١٦: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِذَا نُودِيَ بِالأَذَانِ، أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ الأَذَانَ، فَإِذَا قُضِيَ الأَذَانُ أَقْبَلَ، فَإِذَا ثُوِّبَ بِهَا أَدْبَرَ، فَإِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ يَخْطُرُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ: اذْكُرْ كَذَا، اذْكُرْ كَذَا، لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ، حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ إِنْ يَدْرِي كَمْ صَلَّى، فَإِذَا لَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ. قَالَ أَبُو حَاتِمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَمْرُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَنْ شَكَّ فِي صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، أَمْرٌ مُجْمَلٌ، تَفْسِيرُهُ أَفْعَالُهُ الَّتِي ذَكَرْنَاهَا، لاَ يَجُوزُ لأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ الأَخْبَارَ الَّتِي فِيهَا ذِكْرُ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلَ السَّلاَمِ، فَيَسْتَعْمِلَهُ فِي كُلِّ الأَحْوَالِ، وَيَتْرُكَ سَائِرَ الأَخْبَارِ الَّتِي فِيهَا ذِكْرُهُ بَعْدَ السَّلاَمِ، وَكَذَلِكَ لاَ يَجُوزُ لأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ الأَخْبَارَ الَّتِي فِيهَا ذِكْرُ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ، فَيَسْتَعْمِلَهُ فِي كُلِّ الأَحْوَالِ، وَيَتْرُكَ الأَخْبَارَ الْأُخَرَ الَّتِي فِيهَا ذِكْرُهُ قَبْلَ السَّلاَمِ، وَنَحْنُ نَقُولُ: إِنَّ هَذِهِ أَخْبَارٌ أَرْبَعٌ يَجِبُ أَنْ تُسْتَعْمَلَ، وَلاَ يُتْرَكُ شَيْءٌ مِنْهَا، فَيَفْعَلُ فِي كُلِّ حَالَةٍ مِثْلَ مَا وَرَدَتِ السُّنَّةُ فِيهَا سَوَاءً، فَإِنْ سَلَّمَ مِنَ الاِثْنَتَيْنِ أَوِ الثَّلاَثِ مِنْ صَلاَتِهِ سَاهِيًا، أَتَمَّ صَلاَتَهُ وَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ، عَلَى خَبَرِ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَعِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اللَّذَيْنِ ذَكَرْنَاهُمَا، وَإِنْ قَامَ مِنِ اثْنَتَيْنِ وَلَمْ يَجْلِسْ أَتَمَّ صَلاَتَهُ وَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلَ السَّلاَمِ عَلَى خَبَرِ ابْنِ بُحَيْنَةَ، وَإِنْ شَكَّ فِي الثَّلاَثِ أَوِ الأَرْبَعِ يَبْنِي عَلَى الْيَقِينِ عَلَى مَا وَصَفْنَا، وَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ قَبْلَ السَّلاَمِ، عَلَى خَبَرِ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ وَإِنْ شَكَّ وَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى أَصْلاً تَحَرَّى عَلَى الأَغْلَبِ عِنْدَهُ وَأَتَمَّ صَلاَتَهُ، وَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ، عَلَى خَبَرِ ابْنِ مَسْعُودٍ الَّذِي ذَكَرْنَاهُ، حَتَّى يَكُونَ مُسْتَعْمِلاً لِلأَخْبَارِ الَّتِي وَصَفْنَاهَا كُلَّهَا، فَإِنْ وَرَدَتْ عَلَيْهِ حَالَةٌ غَيْرُ هَذِهِ الأَرْبَعِ فِي صَلاَتِهِ، رَدَّهَا إِلَى مَا يُشْبِهُهَا مِنَ الأَحْوَالِ الأَرْبَعِ الَّتِي ذَكَرْنَاهَا.
Shahih Ibnu Hibban 16: Abdullah bin Muhammad Al Azdi mengabarkan kepada kami, dia berkata: Mu’adz bin Hisyam mengabarkan kepada kami, dia berkata: Bapakku menceritakan kepadaku, dari Yahya bin Abu Katsir, dia berkata: Abu Salamah menceritakan kepada kami, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda, “ Apabila dikumandangkan adzan, maka syetan akan berpaling sambil mengeluarkan bunyi kentut, hingga dia tidak mendengar adzan. Kemudian apabila adzan telah selesai, maka dia kembali datang. Lalu apabila dikumandangkan iqamah (tsuwwiba biha), maka dia berpaling. Apabila iqamah (tatswiib) telah selesai, dia kembali datang sambil membisikkan (yakhthiru) ke dalam diri seseorang: 'Ingatlah ini, ingatlah ini,' apa saja perkara yang sebelumnya tidak diingatnya, sampai seseorang itu tidak tahu lagi berapa rakaat ia shalat. Oleh karena itu, apabila dia tidak tahu berapa rakaat dia shalat, maka hendaklah dia sujud dua rakaat ketika ia duduk” 5: 18. Abu Hatim RA berkata: Perintah Nabi SAWbagi orang yang ragu dalam shalatnya dan tidak tahu berapa rakaat dia shalat, untuk sujud dua kali ketika ia duduk, adalah perintah mujmal (global). Penafsirannya adalah perbuatan, perbuatan beliau yang telah kita sebutkan. Tidak boleh bagi seseorang untuk mengambil khabar-khabar yang disebutkan dua sujud sahwi sebelum salam, lalu menerapkannya dalam semua kondisi, dan meninggalkan khabar-khabar lainnya yang menjelaskan sujud sahwi itu disebutkan setelah salam. Demikian pula, tidak boleh bagi seseorang untuk mengambil khabar- khabar yang di dalamnya disebutkan dua sujud sahwi setelah salam, lalu menerapkannya dalam semua kondisi, dan meninggalkan khabar-khabar lainnya yang di dalamnya sujud sahwi itu disebutkan sebelum salam. Kita mengatakan: Sesungguhnya ini adalah empat khabar yang wajib diterapkan dan tidak boleh ditinggalkan sama sekali. Dia harus melakukan dalam setiap kondisi persis sepati apa yang disebutkan oleh Sunnah tentangnya secara merata. Apabila dia salam setelah dua atau tiga rakaat dari shalatnya karena lupa, maka dia harus menyempurnakan shalatnya dan melakukan dua kali sujud sahwi setelah salam, berdasarkan khabar Abu Hurairah dan Imran bin Hushain yang telah kita sebutkan keduanya. Apabila dia berdiri setelah dua rakaat tanpa duduk (tasyahud pertama), maka dia harus menyempurnakan shalat dan melakukan dua kali sujud sahwi sebelum salam, berdasarkan khabar Ibnu Buhainah. Apabila dia ragu antara tiga rakaat atau empat rakaat, maka dia harus mendasarkan pada keyakinan sesuai dengan yang telah kita jelaskan dan melakukan dua kali sujud sahwi sebelum salam, berdasarkan khabar Abu Sa’id Al Khudri dan Abdurrahman bin Auf. Dan apabila dia ragu-ragu dan sama sekali tidak tahu berapa rakaat dia shalat, maka dia memilih apa yang paling kuat baginya, lalu menyempurnakan shalatnya, dan melakukan dua kali sujud sahwi setelah salam, berdasarkan khabar Ibnu Mas’ud yang telah kita sebutkan. Sehingga, dengan demikian dia telah menerapkan khabar-khabar yang telah kita jelaskan seluruhnya. Apabila terjadi padanya suatu kondisi selain keempat kondisi ini dalam shalatnya, maka dia harus mengembalikannya kepada yang menyerupainya di antara keempat kondisi yang telah kita sebutkan.
Shahih Ibnu Hibban Nomer 16