Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban atau Hatim at-Tamimi al-Busti as-Sijistani
صحيح ابن حبان ٣٦: أَخْبَرَنَا أَبُو خَلِيفَةَ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: إِذَا قَضَى اللَّهُ الأَمْرَ فِي السَّمَاءِ، ضَرَبَتِ الْمَلاَئِكَةُ بِأَجْنِحَتِهَا خُضْعَانًا لِقَوْلِهِ كَأَنَّهُ سِلْسِلَةٌ عَلَى صَفْوَانٍ، حَتَّى إِذَا فُزِّعَ عَنْ قُلُوبِهِمْ، قَالُوا: مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ؟ فَيَقُولُونَ: قَالَ الْحَقَّ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ، فَيَسْتَمِعُهَا مُسْتَرِقُ السَّمْعِ، فَرُبَّمَا أَدْرَكَهُ الشِّهَابُ قَبْلَ أَنْ يَرْمِيَ بِهَا إِلَى الَّذِي هُوَ أَسْفَلُ مِنْهُ، وَرُبَّمَا لَمْ يُدْرِكْهُ الشِّهَابُ حَتَّى يَرْمِيَ بِهَا إِلَى الَّذِي هُوَ أَسْفَلُ مِنْهُ. قَالَ: وَهُمْ هَكَذَا بَعْضُهُمْ أَسْفَلُ مِنْ بَعْضٍ وَوَصَفَ ذَلِكَ سُفْيَانُ بِيَدِهِ فَيَرْمِي بِهَا هَذَا إِلَى هَذَا، وَهَذَا إِلَى هَذَا، حَتَّى تَصِلَ إِلَى الأَرْضِ، فَتُلْقَى عَلَى فَمِ الْكَافِرِ وَالسَّاحِرِ، فَيَكْذِبُ مَعَهَا مِائَةَ كِذْبَةٍ، فَيُصَدَّقُ، وَيُقَالُ: أَلَيْسَ قَدْ قَالَ فِي يَوْمِ كَذَا وَكَذَا: كَذَا وَكَذَا، فَصَدَقَ.
Shahih Ibnu Hibban 36: Abu Khalifah mengabarkan kepada kami: Ibrahim bin Basysyar menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Amru bin Dinar, dari Ikrimah, dari Abu Hurairah yang menyampaikannya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda; “ Apabila Allah menetapkan suatu perkara di langit, maka para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka dalam keadaan tunduk (khadha’aanan) kepada firman-Nya, seolah (firman yang terdengar itu) seperti rantai (besi) di atas batu yang licin (shafwaan). Sampai ketika ketakutan dihilangkan dari hati mereka, mereka berkata, 'Apa yang dikatakan oleh Tuhan kalian?' Mereka berkata, 'Dia mengatakan kebenaran. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.' Lalu pencuri pendengaran mendengarkannya. Kadang dia terkena panah api sebelum dia melemparkan pendengaran itu kepada yang lebih rendah darinya. Dan kadang dia tidak terkena panah api sampai dia melemparkan pendengaran itu kepada yang lebih rendah darinya. Demikianlah mereka itu. Sebagian dari mereka lebih rendah daripada sebagian yang lain.-Dan Sufyan menjelaskan itu dengan tangannya—. Ini melemparkan pendengaran itu kepada ini, dan ini kepada itu, hingga sampai ke bumi. Lalu pendengaran itu dilemparkan pada mulut orang kafir dan tukang sihir. Dan bersama mereka dia membuat seratus kebohongan. Tetapi dia dipercayai. Dan dikatakan: Bukankah dia telah mengatakan ini dan itu pada hari ini dan itu, dan ia benar” 3: 1
Shahih Ibnu Hibban Nomer 36