Muhammad bin Hibban bin Ahmad bin Hibban atau Hatim at-Tamimi al-Busti as-Sijistani
صحيح ابن حبان ٥٩: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ ذَرِيحٍ بِعَكْبَرَا حَدَّثَنَا مَسْرُوقُ بْنُ الْمَرْزُبَانِ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ، حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، فِي قَوْلِهِ تَعَالَى: مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى، قَالَ: رَأَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جِبْرِيلَ فِي حُلَّةٍ مِنْ يَاقُوتٍ، قَدْ مَلَأَ مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ. قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَدْ أَمَرَ اللَّهُ تَعَالَى جِبْرِيلَ لَيْلَةَ الإِسْرَاءِ أَنْ يُعَلِّمَ مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَجِبُ أَنْ يَعْلَمَهُ كَمَا قَالَ: عَلَّمَهُ شَدِيدُ الْقُوى، ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَى، وَهُوَ بِالْأُفُقِ الأَعْلَى يُرِيدُ بِهِ جِبْرِيلَ ثُمَّ دَنَا، فَتَدَلَّى يُرِيدُ بِهِ جِبْرِيلَ فَكَانَ قَابَ قَوْسَيْنِ أَوْ أَدْنَى يُرِيدُ بِهِ جِبْرِيلَ ، فَأَوْحَى إِلَى عَبْدِهِ مَا أَوْحَى بِجِبْرِيلَ مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى يُرِيدُ بِهِ رَبَّهُ بِقَلْبِهِ فِي ذَلِكَ الْمَوْضِعِ الشَّرِيفِ، وَرَأَى جِبْرِيلَ فِي حُلَّةٍ مِنْ يَاقُوتٍ، قَدْ مَلَأَ مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ عَلَى مَا فِي خَبَرِ ابْنِ مَسْعُودٍ الَّذِي ذَكَرْنَاهُ.
Shahih Ibnu Hibban 59: Muhammad bin Shalih bin Dzari’ di ‘Akbara mengabarkan kepada kami: Masruq bin Marzuban menceritakan kepada kami: Ibnu Abi Za'idah menceritakan kepada kami: Isra'il menceritakan kepada kami, dari Abu Ishaq, dari Abdurrahman bin Yazid, dari Ibnu Mas’ud, tentang firman Allah SWT, “ Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya ”(Qs. An-Najm 53: 11) dia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam melihat Jibril dalam pakaian dari yakut yang memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi.” 3:14 Abu Hatim berkata: Allah SWT telah memerintahkan Jibril pada malam isra’ untuk mengajarkan kepada Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam apa yang harus beliau ketahui,sebagaimana Dia berfirman; “Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril)yang sangat kuat. Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli. Sedang dia berada di ufuk yang tinggi.” (Qs. An-Najm 53: 5-7) Yang Dia maksud adalah Jibril. “Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi.” (Qs. An-Najm 53: 8) Yang Dia maksud adalah Jibril. “ Maka jadilah dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi)” (Qs. An-Najm 53: 9) Yang Dia maksud adalah Jibril. “ Lalu dia menyampaikan kepada hamba-Nya (Muhammad) apa yang telah Allah wahyukan.” (Qs. An-Najm 53: 10) Yang Dia maksud adalah Jibril. “Hatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya.” (Qs. An-Najm 53: 11) Yang Dia maksud adalah Tuhan beliau, dengan hati beliau, di tempat yang mulia itu. Dan beliau melihat Jibril dalam pakaian dari yaqut yang memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi, sebagaimana dalam khabar Ibnu Mas’ud yang telah kita sebutkan.
Shahih Ibnu Hibban Nomer 59